4 Manfaat untuk Ibu yang Menyusui Melakukan Massage Payudara

March 3, 2024

Melakukan breast massage bisa memberikan banyak sekali manfaat, terutama untuk para ibu yang sedang menyusui. Dengan gerakan yang lembut pada titik yang tepat bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kelancaran ASI. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasannya di sini!

4 Manfaat untuk Ibu yang Menyusui Melakukan Massage Payudara

Berikut ini adalah breast massage benefits untuk ibu menyusui :

1. Melancarkan ASI

Manfaat pertama yang dapat kamu rasakan dari melakukan perawatan breast massage for breastfeeding adalah bisa membantu untuk melancarkan ASI. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena gerakan pijatan lembut yang dilakukan pada titik tertentu bisa membantu mencegah terjadinya penyumbatan.

Penyumbatan saluran ASI seringkali terjadi ketika produksi ASI melebihi frekuensi bayi menyusu atau ibu memerah ASI. Keadaan ini dapat menyebabkan penumpukan ASI di dalam saluran dan jaringan payudara yang pada akhirnya dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan.

Jika melakukan pijat payudara maka bisa membantu untuk meredakan sumbatan saluran ASI. Tekanan lembut yang diberikan pada area yang tersumbat bisa membantu melonggarkan saluran dan memfasilitasi aliran ASI yang lancar.

Gerakan pijatan yang lembut dan terarah dapat membantu memecah gumpalan ASI yang menghambat aliran. Pijatan yang lembut dan teratur dapat merangsang peredaran darah di area payudara, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi peradangan.

2. Meningkatkan Kualitas ASI

Manfaat kedua yang bisa kamu rasakan dari melakukan perawatan ini adalah bisa untuk meningkatkan kualitas ASI. Pijat payudara dapat meningkatkan jumlah lemak yang terdapat dalam ASI dan ini sangat penting.

Lemak merupakan komponen penting dalam ASI karena menyediakan energi yang diperlukan oleh bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Dengan memijat payudara secara teratur, stimulasi yang diberikan pada jaringan payudara dapat merangsang produksi dan pelepasan lemak dalam ASI. Selain itu, pijat payudara juga dapat meningkatkan kandungan kasein dalam ASI.

Kasein merupakan protein utama dalam ASI yang berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi. Dengan merangsang jaringan payudara melalui pijatan yang tepat, produksi kasein dalam ASI dapat ditingkatkan. Sehingga, bisa memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan dan pertumbuhan bayi.

Pijat payudara juga dapat mempengaruhi kandungan energi dalam ASI. Dengan merangsang sirkulasi darah di area payudara, pijatan membantu meningkatkan pasokan nutrisi yang dibawa oleh darah ke kelenjar susu. Sehingga, ini menjadi hal yang baik untuk dilakukan.

3. Meredakan Nyeri

Rasa nyeri sering kali dirasakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Maka, dengan melakukan breast massage for pregnancy dan menyusui bisa membantu untuk meredakannya. Pijatan yang tepat pada payudara bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri akibat otot yang tegang dan kaku.

Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih nyaman dan rasa nyeri lebih berkurang. Pijatan pada payudara juga dapat memberikan manfaat bagi punggung yang seringkali menjadi area yang terbebani setelah melahirkan. Posisi tubuh yang tidak seimbang dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot punggung.

4. Relaksasi Otot

Manfaat terakhir yang bisa kamu rasakan adalah otot menjadi lebih rileks. Melalui pijatan yang lembut dan terarah, pijatan payudara dapat membantu melemaskan otot-otot yang tegang atau kaku, terutama di sekitar area payudara dan bahu.

Pijatan pada payudara secara efektif meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut. Stimulasi yang diberikan melalui pijatan dapat membantu memperbaiki aliran darah ke jaringan payudara, sehingga membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi penting ke sel-sel payudara.

Itulah 4 manfaat luar biasa yang bisa kamu rasakan dari melakukan breast massage. Ingin merasakan manfaatnya secara langsung? Yuk lakukan di Woman and Woman Spa untuk mendapatkan pijatan terbaik!

WhatsApp