5 Manfaat Melakukan Baby Spa Bagi Pertumbuhan Motorik

March 3, 2024

Pernah dengar perawatan bayi baby spa? baby spa adalah salah satu perawatan anak dengan menggabungkan kegiatan terapi air dan memijat. Baby spa sudah dapat dilakukan sejak anak baru lahir hingga usia sembilan bulan. Kegiatan baby spa biasanya dimulai dengan kegiatan terapi air atau hydrotherapy yang kemudian dilanjutkan dengan sesi massage pada bayi. Pada kegiatan Hydrotherapy, si kecil bebas berenang dengan menggunakan pelampung pada leher. Air yang digunakan juga terbilang hangat dengan suhu 35 - 36 derajat celcius. Setelah sesi hydrotherapy, si kecil akan dikeringkan dan dilanjutkan dengan sesi massage seluruh badan. Anda tidak perlu khawatir karena umumnya terapis baby spa merupakan tenaga khusus yang sudah melalui pelatihan sebelumnya.

Manfaat Baby Spa bagi pertumbuhan motorik anak

Kegiatan baby spa tidak hanya menyenangkan tapi juga memiliki segudang manfaat. Yuk cari tau berbagai manfaat baby spa untuk bayi di bawah ini.

1. Menstimulasi gerakan bayi saat sedang hydrotherapy

Pada kegiatan hydrotherapy, tangan dan kaki bayi akan secara otomatis bergerak bebas di dalam air. Terapis biasanya akan memberikan berbagai jenis mainan yang mengapung seperti bola untuk mendapatkan perhatian bayi. Anak akan terstimulasi untuk menggerakan tangan dan kaki mengejar objek yang disukainya. Aktifnya tangan dan kaki si kecil dalam air secara tidak langsung melatih motorik anak dalam keseimbangan dan kemampuan berkoordinasi.

2. Meningkatkan kualitas tidur anak

Tidur si kecil kurang berkualitas? Coba ajak anak baby spa untuk membantu meningkatkan kualitas tidurnya. Pijatan yang lembut akan membuat tubuh anak lebih rileks dan mudah terlelap. Salah satu manfaat baby spa menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) adalah dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anak dan membuatnya tidak mudah terbangun saat tidur.

5 Manfaat Melakukan Baby Spa Bagi Pertumbuhan Motorik

3. Meningkatkan hubungan antara ibu dan anak

Kegiatan memijat anak sangat direkomendasikan dilakukan oleh orang tua. Dengan memijat anak, Anda akan membangun hubungan yang kuat dengan anak lewat sentuhan antar kulit dan tatapan mata. Anda dapat memanfaatkan moment memijat sambil berkomunikasi dengan si kecil. Namun pastikan Anda sudah melakukan pelatihan khusus dengan tenaga profesional agar tidak salah dalam memijat. Akan lebih baik jika pijatan diasistensi langsung oleh terapis profesional selama sesi memijat berlangsung. Anda bisa mengundang tenaga profesional ke rumah untuk secara privat mengajarkan teknik memijat yang benar.

4. Meningkatkan nafsu makan anak

Salah satu manfaat baby spa juga dapat meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan si kecil. Jika si kecil sedang dalam fase yang susah makan, Anda bisa mencoba cara ini sebagai solusi. Saat awal mpasi, tidak sedikit bayi mengalami keadaan sembelit atau susah buang air besar. Ini karena pencernaan si kecil masih mencoba beradaptasi dengan tekstur dan jenis makanan baru yang tidak biasa diterima tubuh. Teknik baby massage pada baby spa dapat membantu melancarkan kembali pencernaan si kecil dan membuat tubuhnya kembali nyaman beraktivitas. Saat tubuh anak kembali nyaman, maka nafsu makan si kecil juga akan kembali meningkat dan bersemangat makan kembali.

5. Membuat si kecil rileks

Pijatan akan memberikan efek rileks pada bayi yang dapat membantu anak lebih tenang dan tidak rewel. Berbagai masalah pencernaan pada bayi seperti perut kembung atau sembelit membuat anak lebih rewel dari biasanya. Dengan pijatan khusus dapat membantu melancarkan sistem pencernaan bayi dan membuatnya lebih tenang.

Itu dia beberapa manfaat baby spa bagi pertumbuhan motorik anak untuk Anda ketahui. Anda bisa melakukan baby spa ini di WWSpa Jakarta maupun Yogyakarta. Jadi tunggu apalagi.

WhatsApp